Kamis, 07 November 2013

ADempiere

Sekilas tentang apa itu ADempiere ?


   Adempiere (dieja ah-DEHM-pyeh-reh), adalah proyek yang diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), dan suplay chain management (SCM). Proyek ADempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut ketidak sepakatan para pengembang compiere dengan perusahaan komersil dibelakangnya : Compiere inc. Pengembang proyek ADempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek compiere.
        Nama “adem” berasal dari bahasa Itali dengan arti untuk memenuhi (to fulfill) tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas yakni menyelesaikan (to complete), pencapaian (reach), pelaksanaan/berlatih (practice), menampilkan kemampuan/kewajiban (perform the duties of), atau tanpa biaya (free) ini juga berarti penghargaan dan penghormatan.


        Untuk membuat sebuah perusahaan haruslah memiliki sistem yang terintegrasi untuk memudahkan pekerjaan. Sistem tersebut juga bisa membuat kegiatan perusahaaan menjadi lebih efektif dan efisien. Pada PT. KITA disini menerapkan ERP dengan bantuan software ADempiere sebagai tools untuk menjalankan sistem tersebut. Adapun untuk menginstal software ADempiere ada beberapa aplikasi pendukung yang harus kita install terlebih dahulu, diantaranya adalah Java dan PostgreSQL.

Untuk tutorial install software ADempiere untuk PT. KITA dapat di download pada link di bawah ini :

1 komentar: